Senin, 24 September 2007

Puasa Bebas Lesu

Di bulan puasa ini sering kali orang terlihat lesu dan susah untuk berkonsentrasi di setiap aktifitas, padahal banyak orang yang dituntut untuk bisa bersifat professional selama beraktifitas dalam sehari hari, terutama aktifitas kerja. untuk bisa mengatasi hal tersebut ada 3 tip yang bisa di coba.

Pertama: Perbanyak cairan, batasi karbohidrat

makanlah karbohidrat kompleks yang banyak mengandung serat, karena serat bisa bertahan lama di dalam kambung, sehingga penyerapan gula darah berjalan pelan. Pada saat sahur, memperbanyak minum air putih dan hindari minuman manis, yang seperti teh manis dan sirop, karena minuman manis hanya memberi energi sementara dan setelah itu akan memboroskan persediaan energi.

Kedua: Sari buah

Pilihan menu berbuka yang baik adalah sari buah,karena sari buah mengandung fruktosa atau gula buah, yang bisa berfungsi mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. karena sari buah memiliki kandungan vitamin dan bebagai mineral yang mirip dengan minuman isotonik, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

Ketiga: Suplement Multivitamin dan Multimineral

Beberapa vitamin, seperti A, B, C dan E, wajib ada dalam tubuh, walaupun dalam dosis kecil. Vitamin C bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Jenis mineral yang asupannya terpenuhi adalah zat besi, kalium, dan natrium. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh terasa lemas, pusing, dan sulit untuk berkonsentrasi, kalau kalium dan natrium bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

sumber: Femina

Tidak ada komentar: